Monday, June 11, 2012

Marketing Knowledge



Marketing (Pemasaran) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

*) DASAR ILMU MARKETING:

#1. Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar. Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri terhadap konsumen, dan sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen. Konsep dasar dari usaha yang akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai membangun sebuah bisnis.

#2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita dengan pasar. Disinilah nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bisnis tersebut dapat mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang sama. Jika tidak, maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar tanpa ada konsumen yang tau kalau bisnis kita ada.

#3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi senjata terakhir agar konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu pemilihan nama tidaklah sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita dan apa bisnis kita melalui sebuah nama.

*) FUNGSI UTAMA MARKETING:
  • Distribusi : Penjualan barang ke konsumen
  • Display : Pemajangan barang di toko
  • Promosi : Memperkenalkan barang ke konsumen
  • Konsultan : Menerima keluhan / saran konsumen
  • Pelayanan : Melayani konsumen dengan baik
  • Menjaga citra : Sebagai wakil dari perusahaan menjaga citra produk & perusahaan itu sendiri.

*) PRINSIP DASAR MARKETING:
  • Tahu => Mengerti benar produk apa yg dijualnya,harga barang tsb,kualitas dan keistimewaannya.
  • Bisa => Sanggup melakukan tugasnya,baik dalam menjual produk dan menutup target penjualan.
  • Mau => Memiliki keinginan untuk memperkenalkan produknya agar diminati oleh konsumen.
*) KOMPONEN DASAR YANG WAJIB DI KUASAI MARKETING:
  1. Product : Menguasai barang dagangan yang dijual,baik keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk tersebut.
  2. Price : Menguasai berapa harga barang tersebut,harga jualnya,keuntungan yang bisa diraih,dll
  3. Promotion : Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua orang,agar orang lain tertarik untuk membeli.
  4. Place : Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia harus melakukan trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana produknya akan laku dijual.
*) BEBERAPA HAL YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG MARKETING:
  • Berpikiran positif / motivasi tinggi
  • Berjiwa dagang
  • Bekerja lebih
  • Berani mengambil resiko
  • Berinisiatif
  • Selalu melihat peluang dagang
  • Fleksibel
  • Mampu menjual
  • Bekerja sama
*) KUNCI SUKSES SEORANG MARKETING:
  • Mencapai target
  • Disukai pelanggan : diterima sebagai teman
  • Kerja sama team
NB: 
Intrapreneurship : Pengusaha yang terikat oleh aturan perusahaan.
Entrepreneurship : Pengusaha yang tidak terikat oleh aturan perusahaan.

No comments:

Post a Comment